Monday, March 14, 2011

Ramai-ramai “Buang Uang Haram”

Gelombang protes massa yang menyebabkan krisis politik di negara-negara Timur Tengah ternyata membuat beberapa artis kondang merasa bersalah. Apa pasal? Ternyata ada beberapa artis-artis terkenal, khususnya penyanyi yang pernah tampil dalam acara-acara yang diadakan para diktator negara-negara Timur Tengah. Seperti diberitakan Harian Seputar Indonesia 9 Maret 20011, seorang mantan penari klub malam Libya bernama Dafinka Mircheva menguraikan bagaimana kehidupan mewah nan boros Kolonel Khadafi dan anak-anaknya. Mircheva menuturkan secara panjang lebar kepada Daily Mail bagaimana keluarga sang colonel dapat mendatangkan musisi-musisi papan atas dunia semudah membalik telapak tangan. Mircheva yang pernah memiliki hubungan dengan salah satu putra Khadafi, Saadi Khadafi mengatakan bahwa uang tidak menjadi masalah untuk mendatangkan artis-artis tersebut.

Lantas siapa saja yang pernah pentas di negeri pengekspor minyak ini? Miracheva berujar bahwa Saadi pernah mendatangkan grup musik wanita Pussycat Dolls pada acara ulang tahunnya. Pussycat Dolls menerima pembayaran sebesar 500.000 poudsterling atau sekitar 7 miliar rupiah! Pesta ulang tahun Saadi tersebut digelar di sebuah vila mewah begaya Arab di Prancis Selatan yang memang sengaja disewa untuk hajatan tersebut. Tamu-tamu dalam pesta tersebut kemudian disuguhkan hidangan-hidangan mewah dan berkelas seperti sampanye kelas satu, caviar, cokelat, dan cerutu sembari menikmati Pussycat Dolls menembangkan lagu-lagu mereka di tepi kolam renang. PussycatDolls sendiri memang merupakan grup musik yang paling disukai Saadi.


Selain Pussycat Dolls, musisi Kanada Nelly Furtado pun pernah menerima tawaran untuk tampil sebagai pengisi acara yang diadakan keluarga Khadafi di sebuah hotel bintang lima di Italia. Atas penampilannya, Nelly Furtado menerima bayaran sekitar US$ 1 juta (sekitar 9 miliar rupiah). Padahal, dalam acara tersebut Nelly hanya bernyanyi selama 45 menit saja! Ketika kemelut politik TimurTengah menjalar ke Libya, Nelly segera mengakui penampilannya untuk keluarga Khadafi tersebut. Lewat akun twitternya, Nelly menyatakan akan menyumbangkan uang bayaran yang diterimanya.


Pengakuan lain juga dating dari artis-artis lain seperti Usher, Mariah Carey, dan Beyonce Knowles. Tiga penyanyi ini pernah tampil mengisi acara malam tahun baru 2009 lalu di Nikki Beach St. Barts, Karibia. Kali ini, putra Khadafi yang lain sang empunya hajat, yaitu Muttasim Khadafi. Kehidpuan mewah begelimang harta dan kekuasaan memang telah menjadi hal biasa bagi anak-anak Khadafi. Contohnya, Saadi pernah menghabiskan 170 juta poundsterling per tahun hanya untuk kepentingan tersier seperti jet pribadi, hotel bintang lima, supercar, perhiasan, dan pakaian-pakaian mewah. Tampaknya, perkataan Lord Acton yang terkenal, power tends to currupt memang telah mendarah daging dalam keluarga dan pemerintahan Khadafi. Adayang punya komentar?








No comments:

Post a Comment