Friday, February 10, 2012

Dream House

Pernahkah Anda membayangkan bahwa suatu kejadian kecil akan mengubah seluruh jalan hidup seorang manusia? Atau pernahkah Anda berpikir seberapa besar kelalaian pekerjaan seseorang akan mengacaukan hidup orang lain? Bila Anda penasaran dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin Dream House (2011) akan memberikan sedikit gambaran betapa suatu kelalaian kecil seseorang dapat mengubah seluruh impian orang lain.



Dream House
adalah sebuah film bergenre psychological thriller yang mengisahkan kehidupan sebuah keluarga yang baru saja pindah rumah ke sebuah kota kecil. Will Atenton (Daniel Craig), kepala keluarga itu bekerja sebagai editor sebuah penerbitan dan memiliki seorang itri bernama Elizabeth yang akrab disapa Libby (Rachel Weisz) dan dua orang putri, Beatrice/Trish (Taylor Geare) dan Katherine/Dee-Dee (Claire Geare). Mereka adalah keluarga kecil bahagia, namun kesibukan Will Atenton (saya sendiri menangkap Will di sini seorang workaholic) membuat Libby dan dua anaknya merasa kesepian, apalagi di sebuah lingkungan tempat tinggal yang baru. Karena itulah keputusan Will mengundurkan diri dari kantornya di sambut bahagia oleh istri dan anak-anaknya. Ia pun pulang ke rumah dengan hati lega bercampur sedih karena lepas dari pekerjaannya.

Kepulangan Will kemudian dilanjutkan dengan serangkaian kejadian aneh yang terjadi di rumah barunya. Dee-Dee sempat melihat pria asing di jendela dan mengawasi rumah mereka dari luar dan terdapat sebuah misteri yang kemudian terkuak bahwa di rumah itu terdapat satu keluarga yang dibantai oleh Peter Ward, kepala keluarga itu sendiri. Kekalutan Libby akan rumah baru mereka membuat Will berusaha mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di rumah itu. Tetangganya, Ann Paterson (Naomi Watts) seorang istri yang telah berpisah rumah dengan suaminya dan sedang berjuang mendapatkan hak asuh anak semata wayangnya terlihat tidak kooperatif saat ditanyai oleh Will. Padahal rumah Ann tepat berseberangan dengan rumah Will dan ia telah tinggal di sana selama bertahun-tahun. Akhirnya setelah berhasil mengetahui bahwa Peter Ward, sang pembunuh ditahan di sebuah rumah sakit jiwa, Will pergi ke sana dan mulai menyelidiki apa yang terjadi. Dari titik ini, keseluruhan alur film berubah. Penampilan Will mengalami transformasi (yang paling kentara adalah model rambut Daniel Craig yang menurut saya dibuat model Dedi Corbuzier dan sangat tidak cocok. Hahaha) karena Will sebenarnya adalah Peter Ward itu sendiri. Ia dituduh menjadi dalang kematian istri dan anak-anaknya. Nama Will ia ciptakan sendiri ketika ia mengalami masa-masa sakit jiwa dan tidak menerima kenyataan bahwa ia yang dituduh sebagai pembantai keluarga yang sangat dicintainya.


Namun di balik semua kejutan itu, yang menjadi aktor utama dari misteri adalah keluarga Patterson. Suami Ann, yang bernama Jack ternyata menikahi Ann hanya untuk mengambil harta warisan yang dimiliki Ann, karena itu pulalah ia mati-matian memperjuangkan hak asuh Chloe (Rachel G. Fox), anak semata wayang mereka, karena jika hak asuh Chloe diperolehnya, maka ia akan mendapat warisan Ann. Jack pun kemudian menghubungi seseorang yang untuk membunuh Ann dan memberikan alamat rumah Ann pada hari yang sama saat Peter (Will) pulang bekerja di hari ia mengundurkan diri. Apa yang terjadi kemudian? Orang yang disuruh Jack ternyata salah menyambangi rumah Ann dan ia pun salah membunuh orang, yang menjadi korbannya adalah Libby dan dua putrinya. Kebetulan, Peter pulang di saat bersamaan dan ketika berusaha melumpuhkan orang itu ia memegang pistol yang digunakan untuk membunuh keluarganya. Ia pun menjadi satu-satunya orang yang hidup dalam keluarganya dan tuduhan pembunuh tertuju padanya.


Di sisi lain, bukannya mendapat berita kematian Ann, Jack kemudian malah diperas suruhannya yang akan melaporkan dirinya ke polisi bila Jack berani mengungkap tragedi konyol itu. Maka Jack tetap tutup mulut dan membiarkan Peter yang dituding sebagai pembunuh. Sampai sini tentu Anda tahu bahwa alur cerita pertama tadi hanyalah halusinasi Peter saja yang kembali menemui keluarganya setelah mereka meninggal.


Dream House
menurut saya lebih menekankan sisi drama seorang Peter yang tak ingin kehilangan keluarganya. Kehadiran Libby dan anak-anaknya sebagai "hantu" juga membuat film ini kurang maksimal menampilkan sisi psychological thriller. It's 2 of 5 stars for me. Ada yang punya komentar?

Watch this if you liked:

The Manchurian Candidate (2004)

Director: Jonathan Demme
Stars: Denzel Washington, Liev Schreiber, Meryl Streep
Genre: Drama, Mystery, Thriler
Runtime: 129 minutes

Changeling (2008)

Director: Clint Eastwood
Stars: Angelina Jolie, Colm Feore, Amy Ryan
Genre: Drama, Mystery, History
Runtime: 141 minutes

2 comments: